CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 03 Agustus 2013

PENGUMUMAN
Nomor : 662/Peng.800.35/VIII/2013

TENTANG
Penerimaan Calon Peserta Didik
Program Pendidikan Khusus (Prodiksus) PPAT
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
Angkatan I Tahun 2013
Dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor: 416/KEP-800/VI/2013 tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta, perlu segera dilakukan seleksi penerimaan calon peserta didik. Calon peserta didik dimaksud dapat mengajukan permohonan sebagai peserta Prodiksus  PPAT STPN untuk Angkatan I Tahun 2013 dengan ketentuan sebagai berikut:
A.    Persyaratan
1.   Syarat Umum:
a.    memenuhi ketersediaan formasi PPAT dari Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. (Lihat/Unduh Daftar Formasi PPAT disini);
b.    Warga Negara Indonesia;
c.    Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Rumah Sakit Umum setempat;
d.    Pensiunan atau telah memasuki masa persiapan pensiun (MPP) Pegawai Negeri Sipil (PNS), dibuktikan dengan surat keputusan pensiun atau MPP dari pejabat berwenang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan saat pendaftaran berumur 50 – 60 tahun;
e.    Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepolisian Republik Indonesia setempat;
f.     Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup.
2.   Syarat Khusus:
a.   Pendidikan:
1)    Strata 1 (satu) Hukum dari Perguruan Tinggi yang disamakan atau terakreditasi minimal B; atau
2)    Diploma IV Pertanahan; atau
3)    Strata 1 (satu) nonhukum dari Perguruan Tinggi yang disamakan atau terakreditasi minimal B, yang mempunyai kompetensi di bidang hukum dan pendaftaran tanah;
b.   Berpengalaman di bidang pertanahan 20 tahun;
c.   Membuat makalah dengan topik “PENDAFTARAN TANAH” minimal 10 halaman (1,5 spasi); 
 B. Jadwal
1.    Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 3 Agustus 2013 s.d. 19 Agustus 2013.
2.    Pengumuman hasil seleksi administrasi direncanakan pada 22 Agustus 2013 melalui website: www.stpn.ac.id dan www.bpn.go.id
3.    Apabila ada perubahan jadual akan diumumkan kemudian.
C.  Mekanisme Pendaftaran
1.    Pendaftar dapat mengunduh formulir pendaftaran dari website www.stpn.ac.id
2.    Pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran secara lengkap.
3.    Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) sesuai dengan PP Nomor 13 Tahun 2010 tentang Tarif dan Jenis PNBP  yang Berlaku pada  BPN RI.
4.      Pembayaran ditujukan kepada: Bendahara Penerimaan STPN Yogyakarta, nomor rekening: 137-0076676671, Bank Mandiri Cabang Godean.
5. Untuk memudahkan verifikasi, pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PRODIKSUS PPAT 2013, dan Nama Pendaftar. Contoh Pengisian Slip dapat diunduh di sini.
6.  Pendaftar mengirim berkas pendaftaran paling lambat tanggal 19 Agustus 2013 (bukti penerimaan: Cap Pos/jasa pengiriman lainnya)  melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnyakepada:


Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Calon Peserta Didik Program
Pendidikan Khusus PPAT STPN Angkatan I Tahun 2013
Jl. Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293
7.    Berkas pendaftaran yang dikirim terdiri dari:
a.    Formulir Pendaftaran yang telah diisi secara lengkap;
b.    Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan strata S-1 atau Program Diploma IV Pertanahan yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar;
c.    Foto copy SK Pensiun atau Surat Keterangan Memasuki Masa Pensiun yang dilegalisir oleh Pejabat yang Berwenang sebanyak 1 (satu) lembar;
d.    Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit/Dokter Pemerintah sebanyak 1 (satu) lembar;
e.    Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian setempat sebanyak 1 (satu) lembar;
g.    Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
h.    Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua)  lembar.
i.      Makalah dengan topik “PENDAFTARAN TANAH” minimal 10 halaman (1,5 spasi);
8.    Seluruh isi berkas pendaftaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan.
9.    Berkas pendaftaran  yang telah diterima oleh Sekretariat Program yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali.
10.  Berkas yang dikirim harus lengkap, Panitia tidak melayani berkas susulan.
D.    Pelaksanaan Pendidikan
Pelaksanaan pendidikan direncanakan akan dimulai pada akhir bulan Agustus 2013.
E.     Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan sebesar Rp. 7.120.000,- (tujuh juta seratus dua puluh ribu rupiah), belum termasuk biaya ujian PPAT (sesuai PP Nomor 13 Tahun 2010) dan biaya akomodasi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL).


Dikeluarkan di Yogyakarta
pada tanggal 2 Agustus 2013 

 Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional,
d.t.o 
Dr. Oloan Sitorus, S.H., M.S.

NIP. 19650805 1992031 003

0 komentar:

Posting Komentar